Beranda > Open Source > Open Source Sebagai Pilihan..

Open Source Sebagai Pilihan..

Serba salah sekarang ini terutama dalam hal penggunaan softwares bajakan. Di satu sisi, penggunan software bajakan dapat meningkatkan kecerdasan bangsa. Tapi di sisi lain, jelas-jelas hal ini melanggar hak cipta. Pengembangan sebuah software bukanlah perkara mudah, terutama bagi orang-orang yang kurang mengerti dunia pemrograman. Tapi dengan mudah diacak-acak dan disebarkan.

Bagi saya pribadi yang telah menikmati banyak software bajakan, hal ini menguntungkan hehehe. Bayangkan, sekarang teknologi telah berkembang ke teknologi digital. Dimana penggunaan komputer hampir mutlak diperlukan. Sementara PC atau laptop tidak akan bekerja tanpa dukungan perangkat lunak untuk mengoperasikannya.

Sewaktu kuliah pernah terpikir untuk berterimakasih kepada para pembajak software. Ada begitu banyak software yang harus digunakan, bila harus menggunakan license resmi berapa banyak uang yang harus dikeluarkan. Sementara buat makan saja susah. Berkat software bajakan juga, tugas kuliah dapat terselesaikan dan memberi nilai tambah terutama dalam penguasaan software yang bisa dicantumkan di CV.

Untuk negara Indonesia, dimana mayoritas penduduknya tidak mampu. Bajakan menjadi salah satu penolong agar dapat bersaing dengan sumber daya di luar negeri yang memiliki kemampuan finansial lebih. Hingga sekarang memasuki dunia kerja, penggunaan software bajakan masih menjadi dilema antara Ya dan Tidak. Tentu menggiurkan menggunakan bajakan di tengah-tengah harga software yang mahal.

Saat ini banyak pengembang software yang telah menyiasati kasus pembajakan yaitu dengan pemakaian dongle untuk tiap instalasi. Otomatis tanpa dongle, software tidak akan bisa bekerja.

Bila dihubungkan lebih jauh kasus pembajakan dengan mental kita sebagai bangsa, terbersit rasa malu dan pakewuh. Apakah ini menandakan bangsa kita adalah bangsa pencuri? Dengan begitu mudah mengambil milik orang lain.

Seharusnya hal ini menjadi penyemangat untuk dapat mengembangkan sendiri program-program yang dibutuhkan. Atau bisa juga menggunakan pilihan lain, yaitu penggunaan software Open Source. Saat ini telah banyak beredar software open source yang tentu tak perlu lagi mencemaskan license dan copyright-nya. memang ada beberapa software open source yang masih perlu pengembangan dan tidak se-powerfull software komersial. Tapi paling tidak bisa menjadi pilihan.

sumber di sini

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: